Cara Membawa Tenda Saat Mendaki yang Benar

Sebelum berangkat mendaki selalu lakukan packing dengan baik dan benar. Packing barang bawaan sangat penting untuk memudahkan pendaki saat mulai pendakian. Barang bawaan pendaki salah satunya adalah tenda. Sehingga Kamu harus mengetahui cara membawa tenda saat mendaki yang benar agar tidak menyulitkan saat melewati jalur pendakian yang sulit.

Cara Membawa Tenda Saat Mendaki
Pendaki harus membawa barang yang diperlukan seperti tenda, air, makanan, jas hujan dan sebagainya. Dengan bawaan yang banyak tersebut diperlukan packing yang benar agar tas tidak rusak dan Kamu tidak kesulitan saat mengeluarkan barang. Berikut cara membawa barang bawaan yang benar saat mendaki.

1.    Gunakan shelter yang kokoh
Shelter sangat penting sebagai tempat berlindung para pendaki. Sehingga Kamu harus memilih dan menggunakan shelter yang kokoh namun ringan dibawa. Shelter atau tenda yang digunakan harus mempunyai spesifikasi khusus untuk mendaki dan terbuat dari alumunium alloy yang lebih ringan.

2.    Pilih tenda yang ringan
Tenda sangat mempengaruhi perjalanan Kamu saat mendaki. Karena tenda menjadi barang yang paling besar dan berat. Sehingga Kamu harus memilih tenda yang ringan namun tetap nyaman dan kokoh.

3.    Letakan tenda di bagian dalam tas
Tenda harus dibawa dengan baik dan benar. Sehingga Kamu harus menyimpannya di bagian paling bawah tas. Jika penyimpanan tenda tidak benar, tenda bisa rusak dan tidak dapat digunakan dengan baik.

4.    Gunakan tas carrier yang sesuai
gunakan tas carier yang sesuai
Source : wia.id

Tas juga sangat mempengaruhi kenyamanan saat mendaki. Kamu bisa menggunakan tas carrier sesuai dengan kebutuhan pendakian Kamu. Pastikan tas tersebut mempunyai kapasitas sekitar 40 hingga 50 liter agar mudah dibawa dan tidak terlalu berat. Kamu bisa menggunakan tas carrier outdoor yang tepat untuk mendaki dan membawa barang bawaan.

5.    Gunakan sleeping bag yang ringan dan nyaman
Sleeping bag merupakan barang yang tidak boleh ketinggalan. Karena barang ini yang melindungi Kamu saat tidur dan membuat Kamu bisa istirahat dengan nyaman dan tetap hangat. Gunakan sleeping bag yang ringan dan nyaman sehingga dapat melindungi tubuh dari udara dingin.

6.    Lapisi tas dengan cover bag
lapisi dengan cover bag
Source : Tokopedia.com

Saat mendaki, cuaca tidak bisa ditebak dengan pasti. Sehingga untuk mempersiapkan diri jika turun hujan, Kamu harus melapisi tas dengan cover bag agar tidak basah. Lakukan hal ini sebelum berangkat, agar tidak menyulitkan Kamu jika tiba-tiba turun hujan di tengah perjalanan.

7.    Gunakan matras untuk penyangga
Agar tas dapat berdiri dengan kokoh, Kamu bisa menggunakan satu matras sebagai peyangga. Matras dapat menjadi pelapis bagian dalam tas dan melindungi tenda agar tidak rusak saat menempuh perjalanan yang sulit.

8.    Menataan barang yang baik
Kamu harus menata barang bawaan dengan baik dan pas. Tas carrier mempunyai 3 bagian, untuk bagian bawah gunakan untuk menyimpan tenda, bagian tengah untuk barang lain seperti selimut, jas hujan, dan sebagainya. Dan bagian atas untuk bekal minuman selama perjalanan.

9.    Usahakan tas seimbang
Dalam menata barang bawaan, pastikan tas tetap seimbang saat dibawa. Seimbangan tas ini sangat penting agar bahu Kamu tidak sakit. Pastikan tidak ada ruang yang kosong di kanan atau kiri.

10.    Tutup bagian luar tas 
Untuk tetap menjaga barang bawaan termasuk tenda agar tetap bersih dan kering. Selalu tutup bagian luar tas dengan cover bag. Gunakan cover bag yang kedap air dan tebal agar dapat melindungi barang dari hujan dan panas. Namun pastikan cover bag tersebut tidak terlalu berat agar mudah dibawa.

Sebelum mulai pendakian, selalu perhatikan cara membawa tenda saat mendaki dengan baik. Karena barang bawaan akan mempengaruhi keseimbangan Kamu. Dengan penataan barang yang tepat akan memudahkan Kamu melewati jalur yang sulit sekalipun.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membawa Tenda Saat Mendaki yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel