7 Tips ke Kawah Ijen Agar Liburanmu Semakin Seru dan Menantang

Tips ke Kawah Ijen - Kawah Ijen adalah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun untuk mendapatkan pemandangan blue fire, Kamu harus datang dini hari dan harus mulai mendaki malam hari. Berikut ini adalah beberapa tips ke Kawah Ijen sehingga Kamu dapat mempersiapkan diri dan mengatur jadwal dengan baik.

Kawah Ijen adalah kawah dari Gunung Ijen yang terletak di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung Ijen memiliki ketinggian 2386 meter diatas permukaan laut. Kawah ijen adalah tempat penambangan belerang bagi warga lokal dan tempat pariwisata bagi wisatawan domestik dan internasional yang terkenal dengan blue firenya.

7 Tips ke Kawah Ijen


Tips ke Kawah Ijen
Source : Instagram @galeri.bwi

1.    Latihan fisik

Kawah Ijen berada di gunung Ijen yang memiliki ketinggian cukup tinggi. Untuk sampai ke Kawah Ijen, Kamu harus mendaki sekitar 3 jam pada waktu malam hingga dini hari. Oleh karena itu persiapan fisik yang matang harus dilakukan sehingga tubuh terbiasa untuk bergerak dan bisa mendaki Kawah Ijen dengan lancar walaupun dalam keadaan yang dingin.

2.    Pastikan badan dalam keadaan yang sehat
Kesehatan badanmu adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Jika Kamu berencana untuk pergi ke Kawah Ijen, lakukan check up dan pastikan Kamu dalam keadaan yang sehat. Karena perjalanan ini berat untuk dilakukan. Jika Kamu dalam keadaan yang kurang sehat, jangan memaksakan diri karena dapat membahayakan dirimu sendiri dan menyusahkan orang lain.

3.    Persiapkan rencana dengan matang
Untuk mendapatkan best view blue fire di Kawah ijen, Kamu harus sampai sekitar pukul 3 dini hari. Oleh karena itu atur rencana dengan matang. Kapan harus tidur, jam berapa harus bangun dan mulai mendaki, berikan spare waktu sehingga perjalananmu tidak terburu-buru dan bisa mendapatkan view yang Kamu inginkan.

4.    Persiapkan peralatan yang dibutuhkan

Untuk melakukan perjalanan ke Kawah Ijen dengan udara yang dingin pada malam hari, tentu saja banyak alat yang harus disiapkan, misalnya jaket yang hangat, senter kepala, sarung tangan, sepatu safety, dan lain sebagainya. Yang tidak boleh dilupakan adalah masker respirator, karena Kawah Ijen adalah lokasi belerang dengan bau yang sangat menyengat.

5.    Gunakan guide

Guide dalam perjalanan ke Kawah Ijen ini sangat membantu, terlebih jika Kamu belum pernah pergi ke Ijen. Guide pasti sudah tahu jalan dan keadaan sehingga Kamu dan rombonganmu tidak akan tersesat. Selain itu, guide akan memotivasimu ketika Kamu kelelahan dalam melakukan pendakian. Guide juga biasanya tahu tempat tempat yang bagus untuk berfoto.

6.    Bawalah bekal makanan dan minuman
Walaupun pendakian hanya memakan sedikit waktu dan tidak sampai berhari-hari, namun tetap bawalah bekal makanan dan minuman karena selama perjalanan tidak akan ada warung. Selain itu, energimu juga terkuras untuk mendaki, jadi isi kembali dengan makanan dan minuman yang kamu bawa.

7.    Jangan terlalu banyak membawa barang 

Tips ke Kawah Ijen
Source : kreditgogo.com
Perjalanan naik sudah akan sangat terasa berat, jangan menambah beban dengan cara membawa barang barang yang sebenarnya tidak diperlukan karena hal itu hanya akan membuat Kamu makin cepat lelah. Bawalah barang barang yang memang kamu perlukan dan jangan lupa membawa obat pribadi.

Jika Kamu dan teman temanmu berniat untuk pergi ke Kawah Ijen, tips ke Kawah Ijen tersebut bisa kamu lakukan sehingga perjalananmu bisa lancar dan mendapatkan best view blue fire di Kawah Ijen. Namun yang perlu diingat, blue fire dan puncak bukanlah tujuan utama. Namun tujuan utama dari setiap perjalanan adalah pulang dengan selamat dan bahagia.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips ke Kawah Ijen Agar Liburanmu Semakin Seru dan Menantang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel