10 Tips Mendaki Saat Musim Hujan Agar Aman

Tips Mendaki Saat Musim Hujan - Pemanasan global saat ini membuat cuaca di Indonesia tidak menentu. Khususnya pada musim hujan, biasaya membuat kegiatan menjadi terbatas. Namun, mendaki gunung juga bisa dilakukan saat musim hujan dengan syarat harus memperhatikan tips mendaki saat musim hujan dengan baik dan benar. Karena jalur pendakian akan lebih sulit dan menantang.

Tips Mendaki Saat Musim Hujan

Setiap gunung mempunyai jalur pendakian yang berbeda-beda. Terlebih saat turun hujan, jalur tersebut akan lebih sulit. Sehingga Kamu harus berhati-hati dan perlu persiapan yang lebih matang sebelum berangkat mendaki. Berikut tips yang harus Kamu perhatikan untuk mendaki saat musim hujan.

1.    Pilih gunung yang tepat

pilih gunung yang tepat
Source : Instagram @adventuregaul

Setiap gunung mempunyai ketinggian dan jalur pendakian yang berbeda. Saat musim hujan, Kamu harus memilih gunung dengan jalur pendakian yang mudah dan singkat. Jalur pendakian yang mudah dapat memberikan kenyamanan saat mendaki walaupun di musim hujan. Salah satu gunung yang tepat adalah gunung Pangrango.

2.    Hindari jalur yang beresiko tinggi

Saat musim hujan banyak jalur pendakian yang berbahaya. Sehingga Kamu harus lebih hati-hati untuk menghindari jalur yang berbahaya tersebut. Sebelum berangkat, Kamu harus mempelajari jalur pendakian dengan baik dan mengenali lingkungan sekitar gunung tersebut.

3.    Cek data dari BMKG

Sebelum berangkat mendaki, cek data dari BMKG dahulu. Hal ini sangat penting untuk memastikan cuaca dan kondisi di sekitar gunung tersebut. Kamu dapat mengakses situs BMKG dan memperkirakan dengan baik untuk mendaki gunung tersebut atau menundanya demi keselamatan.

4.    Siapkan bekal secukupnya

Mendaki saat hujan lebih menantang dan sulit, sehingga Kamu harus membawa barang dan bekal seperlunya saja. Jika barang bawaan terlalu berat dapat menyulitkan Kamu untuk menyeimbangkan tubuh saat mendaki, terutama jika jalur licin. Sehingga bawalah bekal yang cukup dan diperlukan.

5.    Gunakan tas kedap air

Saat mendaki di musim hujan, kemungkinan pasti akan turun hujan di tengah perjalanan. Sehingga Kamu harus menggunakan tas yang kedap air. Kamu juga menggunakan tras bag untuk melapisi tas Kamu agar barang bawaan tidak basah.

6.    Gunakan teknik layering dengan tepat

Mendaki di saat musim hujan ini disarankan bagi para pendaki yang sudah berpengalaman. Khususnya yang sudah mengerti teknik layering. Karena dengan menggunakan teknik tersebut Kamu tidak perlu takut basah dan tubuh Kamu akan tetap hangat saat mendaki.

7.    Bawa jas hujan ponco dan boonie hat

Jas hujan adalah barang paling penting yang harus dibawa. Jas hujan yang harus dibawa pastkan ponco dan boonie hat agar Kamu bisa menyelamatkan diri dari air hujan saat mendaki gunung.

8.    Gunakan sepatu boots

Saat musim hujan, jalur pendakian pasti becek dan licin. Sehingga Kamu harus menggunakan sepatu boots kulit. Karena boots dapat melindungi kaki dari lumpur, tanah, hingga air.

9.    Gunakan Trekking Pole

mendaki gunung
Source : Instagram @sabihfahri

Kamu juga harus menggunakan trekking pole sebagai pegangan saat melewati jalur bebatuan yang licin. Trekking pole ini dapat menahan dan menjaga keseimbangan tubuh Kamu saat mendaki.

10.    Bawa kanebo atau spons

Kanebo atau spons dapat membuat Kamu tetap hangat. Alat ini dapat membantu untuk mengurangi kelembaban dan resiko masuk angin. Serta mencegah tubuh dari kedinginan atau menggigil.

Tips mendaki saat musim hujan tersebut harus Kamu perhatikan dengan baik. Yang paling penting saat mendaki di musim hujan adalah siapkan stamina dengan baik. Sebelum mendaki, konsumsi vitamin C dan air putih yang cukup. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Jika cuaca tidak memungkinkan, jangan memaksakan diri untuk mendaki gunung karena hal itu akan berbahaya.


Belum ada Komentar untuk "10 Tips Mendaki Saat Musim Hujan Agar Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel