Kenali 9 Tips Untuk Pendaki Wanita agar Sampai Puncak

9 Tips Untuk Pendaki Wanita - Mendaki merupakan kegiatan yang disukai semua kalangan, baik pria maupun wanita. Sebagai kaum hawa, tentu saja dibutuhkan persiapan yang sangat ekstra dan mantap. Karena kebutuhan wanita lebih kompleks. Oleh karena itu, sebelum mendaki Kamu harus mengetahui tips untuk pendaki wanita yang dapat membuat perjalanan lebih menyenangkan hingga sampai ke puncak.

Tips Untuk Pendaki Wanita

Mendaki memang membutuhkan tenaga yang ekstra dan stamina yang fit. Karena setiap gunung mempunyai keadaan dan jalur pendakian yang berbeda-beda. Sebagai pendaki pemula khususnya bagi wanita, Kamu harus mempersiapkan beberapa hal penting berikut sebelum berangkat mendaki.

1.    Olahraga ringan dengan rutin 

Sebelum mendaki, Kamu harus sering berolahraga untuk melatih otot dan tulang kaki Kamu. Kamu bisa melakukan senam, jogging, berenang dan olahraga ringan lainya. Dengan olahraga, dapat melatih pernafasan Kamu dan stamina Kamu. Karena mendaki membutuhkan tenaga dan nafas yang teratur agar tetap fit hingga sampai ke puncak.

2.    Sediakan tisu basah

Saat mendaki pasti ketersediaan air tidak menentu. Sehingga Kamu harus menyediakan tisu basah untuk membersihkan tubuh. Mendaki tentu saja akan mengeluarkan banyak keringat sehingga dapat membuat tubuh kamu kotor dan berdebu. Kamu bisa membersihkanya dengan tisu basah khususnya untuk area wajah agar kulit Kamu tetap cantik.

3.    Memakai pakaian yang menyerap keringat dan nyaman

pendaki wanita
Source : Instagram @folk.gunung

Pakaian sangat mempengaruhi kenyamanan saat mendaki. Sehingga Kamu harus memilih pakaian yang tepat dan nyaman khususnya untuk tetap menjaga kulit dan tubuh agar tidak tergores ranting atau pohon. Kamu dapat memakai pakaian yang tidak terlalu tebal dan menyerap keringat. Kamu juga harus mengenakan manset dan celana yang tidak terlalu ketat.

4.    Memakai sunblock

Udara gunung pasti tidak teratur. Kadang panas, terik, kering, kadang juga dingin. Sehingga Kamu harus memakai sunblock untuk melindungi kulit Kamu. Sunblock dapat mencegah dan melindungi kulit dari cuaca yang tidak menentu terutama dari terik matahari. Sehingga gunakan sunblock pada area wajah, tangan, telapak tangan, dan leher.

5.    Jangan gunakan lensa kontak

Bagi Kamu yang mempunyai masalah akan penglihatan. Lebih baik menggunakan kacamata daripada lensa kontak. Karena udara di gunung tidak baik untuk mata, sehingga dapat merusak mata Kamu. Lensa kontak akan membuat mata iritasi karena debu dan udara yang tidak steril.

6.    Sediakan kacamata hitam

kacamata hitam mendaki
Source : hipwee.com
Kacamata hitam bukan untuk bergaya saja. Kamu bisa menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari terik matahari. Terik matahari dapat membuat penglihatan Kamu silau dan terganggu, sehingga dengan menggunakan kacamata hitam ini dapat menghalau sinar tersebut.

7.    Sediakan slayer

Slayer memang sering digunakan oleh para pendaki. Karena mempunyai multi fungsi. Slayer dapat digunakan untuk melindungi leher saat dingin. Atau dapat digunakan untuk penutup kepala saat panas. Slayer juga berfungsi sebagai penanda atau pembeda tiap tim atau kelompok pendaki.

8.    Gunakan sarung tangan

Sarung tangan dapat melindungi tangan Kamu dari benda tajam seperti ranting pohon, tanaman berduri, dan sebagainya. Bahkan saat jalur pendakian terjal dan sulit, Kamu bisa merangkak dan perpegangan dengan leluasa. Sarung tangan juga dapat menghangatkan tangan saat malam hari.

9.    Jaga pola makan sehat

Sebelum mendaki, Kamu juga harus menjaga pola makan. Jangan lakukan program diet atau sebagainya. Karena mendaki membutuhkan stamina dan tenaga yang kuat serta tubuh yang sehat. Kamu harus mengkonsumsi buah, sayur dan nasi dengan teratur untuk menjaga daya tahan tubuh saat mendaki.

Mendaki gunung memang membutuhkan tubuh yang sehat dan fit. Namun, dibalik jalur pendakian yang sulit dan menantang, Kamu akan disuguhkan keindahan yang luar biasa. Hal itu yang membuat semua orang ingin mendaki hingga puncak. Salah satu kunci untuk sampai ke puncak gunung tersebut adalah perhatikan tips untuk pendaki wanita sebelum mulai mendaki.

Belum ada Komentar untuk "Kenali 9 Tips Untuk Pendaki Wanita agar Sampai Puncak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel