10 Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pendidikan Yang Perlu Diketahui

Prospek Kerja Teknologi Pendidikan - Kamu tidak dididik untuk menjadi calon guru meskipun terdapat kata pendidikan. Prospek kerja teknologi pendidikan patut diacungi jempol. Ini terbukti dengan banyaknya lulusan teknologi pendidikan yang berprofesi sebagai perencana, pembuat, pengguna, pengelola, pengembang, dan penilai sistem serta komponen pembelajaran. Baik di Departemen atau Lembaga Negara.

Saat ini, dunia pendidikan mau tidak mau dituntut untuk berubah dan beradaptasi berkat adanya perkembangan teknologi. Bahkan cara berkomunikasi, perancangan kurikulum, dan proses belajar juga telah dipengaruhi oleh teknologi. Maka dari itu, orang yang menguasai bidang kurikulum dan teknologi pendidikan sangat dibutuhkan oleh sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. 

Apa Itu Teknologi Pendidikan?


Teknologi pendidikan adalah bidang pendidikan baru dan dengan meningkatnya penggunaan teknologi hampir di setiap bidang kehidupan sehari-hari, kemungkinan akan menjadi area yang lebih laris. Program teknologi pendidikan mengajarkan bagaimana mengintegrasikan teknologi ke dalam kelas. Teknologi membantu meningkatkan pengalaman belajar dan memperkenalkan siswa pada cara belajar yang baru. 

Kamu dapat menerapkan teknologi untuk membantu membuat ruang kelas menjadi interaktif, meningkatkan kesempatan belajar atau membuatnya lebih mudah menyajikan informasi bagi siswa. Kamu juga dapat menggunakan teknologi untuk berinteraksi dengan orang lain di bidang pendidikan dan untuk tetap mengikuti tren, dan perkembangan baru yang dapat Kamu bawa ke kelas Kamu.

Apa Saja Prospek Kerja Teknologi Pendidikan?


prospek kerja teknologi pendidikan

1. Teknologis Pendidikan

Melalui perpaduan yang mulus antara keterampilan dan pengetahuan tentang metode pendidikan dan proses serta alat teknologi, teknolog pendidikan mengembangkan, menguji, dan mengimplementasikan berbagai alat pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dan ruang kelas.  

Selain itu, teknologi pendidikan melatih guru dalam penggunaan alat teknologi dan bagaimana menggabungkan mereka untuk keuntungan terbaik dalam rencana pelajaran sehari-hari mereka dan membentuk kurikulum skolastik. Gelar teknologi pendidikan menjadi lebih umum, dan teknologi pendidikan ditemukan di setiap arena pendidikan mulai dari sekolah hingga laboratorium pengujian. 

Profesi ini mendapatkan rata-rata $ 62.000 per tahun. Rekomendasi perusahaan: Instansi pendidikan, laboratorium pengujian.

2.  Programmer Perangkat Lunak Pendidikan


Pemrogram perangkat lunak pendidikan menggabungkan pengetahuan yang mendalam tentang pemrograman dan desain antarmuka dengan pengetahuan praktik pendidikan dan kurikulum inti untuk mengembangkan program perangkat lunak digital yang dapat digunakan baik di dalam maupun di luar kelas.

Pemrogram perangkat lunak pendidikan mengembangkan perangkat lunak yang digunakan dalam semua pengaturan akademik dari prasekolah hingga universitas. Serta perangkat lunak pendidikan di rumah yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan akademik tertentu, seperti membaca dan matematika. 

Perangkat lunak pendidikan mencakup berbagai gaya dan topik, dari membaca game untuk balita hingga kursus pengkodean langkah-demi-langkah untuk siswa sekolah menengah. Pemrogram perangkat lunak pendidikan mendapatkan rata-rata $ 92,00 per tahun. Rekomendasi perusahaan: Instansi pendidikan, instansi pemerintah.

3. Desainer Kursus


Desainer kursus menggabungkan antarmuka pengguna dan desain pengalaman pengguna dengan pengetahuan pendidikan untuk membuat kursus khusus topik pada platform teknologi. Pilihan yang fantastis untuk teknisi dengan hasrat untuk desain visual dan pengalaman UI yang solid, desainer kursus bekerja sama dengan profesional teknologi pendidikan lainnya.

Ini untuk membuat kursus di semua arena dan untuk segala usia. Desainer kursus sering bekerja untuk perusahaan perangkat lunak dan permainan edukasi, dan menghasilkan, rata-rata, $ 78.000 per tahun. Rekomendasi perusahaan: lembaga kursus

4.  Desainer Materi Pelatihan


Bekerja di sisi korporat dari teknologi pendidikan, perancang materi pelatihan bekerja untuk menciptakan program pelatihan teknologi yang efektif dan mudah digunakan untuk perusahaan, think tank, dan bahkan usaha kecil yang sukses. 

Perancang materi pelatihan menggabungkan latar belakang pendidikan dan pengetahuan menyeluruh tentang gaya dan alat belajar dengan pengetahuan antarmuka pengguna yang solid untuk membuat program pelatihan untuk berbagai platform. Seperti pelatih perusahaan, perancang materi pelatihan bekerja untuk bisnis dalam memberikan peluang pelatihan staf. 

Namun, di mana pelatih perusahaan dapat lebih fokus pada pelatihan dan instruksi itu sendiri, perancang materi pelatihan terutama berfokus pada pengembangan atau memperoleh alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan pelatihan yang sukses. Profesi ini mendapatkan rata-rata $ 61.000 per tahun. Rekomendasi perusahaan: lembaga pelatihan.

5.  Penulis Teknis


Penulis teknis, juga dikenal sebagai komunikator teknis, membuat informasi yang kompleks lebih mudah diakses oleh berbagai pembaca. Penulis teknis bekerja di berbagai pengaturan, baik sebagai administrator, untuk bisnis atau perusahaan penerbitan, atau melalui karier lepas. Penulis teknis menyiapkan informasi tertulis untuk buku petunjuk, panduan karier dan dokumen informasi lainnya. 

Penulis teknis harus memahami teknologi pendidikan karena pekerjaan yang dilakoni termasuk menggunakan sarana digital untuk mengumpulkan, meneliti, dan mengembangkan informasi teknis. Kemudian harus menyebarluaskan informasi melalui berbagai saluran komunikasi, banyak di antaranya juga online atau digital. 

Penulis teknis memperoleh gaji tahunan rata-rata $ 69.850 pada tahun 2016. Rekomendasi perusahaan:
Velo Teknologi – Bandung
PT Bima Sakti Alterra – Denpasar
AccelByte Inc - Sleman

6.  Perkiraan Pasar Kerja


Kebutuhan akan pendidik yang maju secara teknologi terus meningkat. Ada peningkatan fokus pada sekolah dan guru untuk meningkatkan kinerja siswa, dan materi pengajaran yang ditingkatkan (dengan teknologi terintegrasi) dapat memainkan peran besar dalam peningkatan itu. 

Pekerjaan untuk koordinator instruksional - juga disebut pengembang kurikulum - diperkirakan tumbuh 10 persen hingga tahun 2026. Koordinat instruksional akan diperlukan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kurikulum, serta menawarkan pelatihan tambahan untuk guru kelas.

Dengan kata lain, perkiraan pasar kerja untuk para ahli teknologi pendidikan yang memilih untuk mengembangkan kurikulum dan mengajar dalam pengaturan K-12 sangat menggembirakan. Masing-masing karir teknologi pendidikan ini mewakili keragaman minat dan gairah, yang semuanya merupakan jalan berbeda untuk berkontribusi pada pendidikan sebagai disiplin kolektif. 

Jika sebagai PN, Kamu akan mendapat gaji hingga 2 juta per bulan. Rekomendasi perusahaan yaitu pada DISNAKER.

7. Koordinator Instruksional


Teknologi instruksional telah muncul sebagai bidang yang berkembang dan menguntungkan. Saat ini, pendidikan di semua tingkatan menjadi lebih tergantung pada teknologi daripada sebelumnya. Baik itu pendidikan anak usia dini atau pendidikan orang dewasa, ada peningkatan penggunaan teknologi di setiap program pendidikan. 

Meraih gelar dalam teknologi pengajaran memungkinkan siswa untuk belajar dan menerapkan teknologi pengajaran di sekolah, perguruan tinggi dan berbagai pengaturan lainnya. Siswa yang mendapatkan gelar dalam bidang spesialisasi ini dapat mengejar karir yang bermanfaat. 

Ada permintaan besar untuk guru yang memiliki pengetahuan tentang teknologi pengajaran yang membuat bidang ini sangat menjanjikan. Koordinator instruksional mengawasi kurikulum dalam berbagai pengaturan termasuk sekolah umum dan lembaga pendidikan tinggi. 

Kalian akan bekerja dengan guru dan administrasi untuk merancang dan menerapkan kurikulum serta mengevaluasi efektivitasnya dalam hal pembelajaran siswa dan data kinerja. Instruktur Koordinator harus memprioritaskan teknologi pendidikan karena  sering ditugaskan untuk meneliti tren terbaru, alat, dan sumber daya.

Juga mentransfer informasi ini kepada guru dan administrasi melalui pelatihan, dan memfasilitasi dan mendukung penggunaan teknologi guru di ruang kelas jangka panjang. Rata-rata profesional dengan gelar dalam teknologi pengajaran dapat memperoleh $ 58.000 hingga $ 90.000 setiap tahun. 

Namun, gaji yang tepat dari seorang individu tergantung pada tingkat gelar, pengalaman, sektor pekerjaan serta posisi tempat ia bekerja. Rekomendasi perusahaan:
Sekolah dasar 
Sekolah menengah
Perguruan tinggi
Sekolah professional
Layanan dukungan pendidikan
Pemerintah negara bagian dan lokal 

8.  Pelatih Perusahaan


Alih-alih bekerja di lingkungan pendidikan atau medis, pelatih perusahaan bekerja untuk bisnis untuk pertama-tama menilai kebutuhan pelatihan karyawan melalui berbagai cara. Seperti survei, dan kemudian merancang metode dan bahan pelatihan baik melalui manual informasi atau modul online, menyampaikan pelatihan. pelatih perusahaan kemudian menilai efektivitas pelatihan.

Pelatih perusahaan juga menjalankan tugas administratif seperti anggaran, penjadwalan, pengaturan sistem dan peralatan, serta pendaftaran. Pengalaman dalam teknologi pendidikan adalah penting karena Kalian harus dapat memanfaatkan alat digital untuk pengajaran, penilaian, dan pengumpulan data dan informasi dan organisasi.

Gaji dua kali lipat dari gaji karyawan perusahaan tersebut akan Kalian terima jika Kalian bekerja di profesi ini. Jadi beda perusahaan bisa beda pula gaji yang didapat. Rekomendai perusahaan: Lembaga pelatihan.


9. Spesialis Pendidikan Jarak Jauh

Spesialis pendidikan jarak jauh berspesialisasi dalam dan mengoordinasikan infrastruktur, sumber daya, layanan pendidikan jarak jauh untuk menghasilkan dan memelihara kursus online. Misalnya, beberapa tanggung jawabnya dapat mencakup mengawasi, memantau, atau merancang kursus online, kurikulum, dan portal komunikasi.

Banyak spesialis pendidikan jarak jauh bekerja dengan teknologi, guru, siswa, dan profesional lainnya di bidang pendidikan untuk menyediakan kurikulum bagi semua siswa di mana pun berada. Profesi biasanya berkolaborasi dengan dan memantau guru dan staf pendidikan jarak jauh lainnya dan dapat mengumpulkan data dan laporan pendidikan jarak jauh. 

Gaji dari profesi ini adalah sekitar 2,2, juta per bulan. REkomendasi perusahaan PT RUANG RAYA INDONESIA (ruangguru).

10. Direktur Teknologi (K-12)


Kadang-kadang disebut Direktur TI (Teknologi Informatika), direktur teknologi bertanggung jawab atas semua teknologi di dalam organisasi tempat bekerja. Biasanya profesi ini bekerja di lingkungan pendidikan untuk mengembangkan dan mempertahankan prosedur teknologi, kebijakan, dan layanan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan organisasi itu.

Beberapa dari banyak tanggung jawab direktur teknologi mengevaluasi sistem yang ada dan membuat rekomendasi untuk penggunaan teknologi baru atau yang telah direvisi untuk memenuhi tujuan pembelajaran, meningkatkan dan menginstal perangkat keras dan perangkat lunak dan membantu karyawan lain menggunakan teknologi spesifik secara efektif.

Profesi ini juga bertanggung jawab dalam pemecahan masalah dan pemeliharaan komputer dan sistem jaringan dan melakukan perbaikan sesuai kebutuhan, dan selalu mengikuti perkembangan dan pengetahuan tentang teknologi yang tersedia. Gaji dari profesi ini mencapai ratusan juta per bulannya.Rekomendasi perusahaan tentunya adalah di lingkungan pendidikan.

Menurut AECT (2005) standar kompetensi lulusan sarjana TP ada 2 keahlian yaitu ahli media pembelajaran atau school media specialist dan instructional system designer atau ahli desain sistem pembelajaran. Adapun fungsinya sebagai ahli media pembelajaran adalah membantu sekolah mengoptimalkan mutu pembelajaran.

Yakni dengan mengembangkan (analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, evaluasi media pembelajaran dan sumber-sumber belajar yang tepat). Prospek kerja teknologi pendidikan bukan hanya bisa menjadi Guru TIK atau ahli Kurikulum saja, melainkan bisa menjadi seorang programmer, contoh dalam e learning, Kamu bisa menerapkan e-learning saat ini pada ponsel smartphone. 

Belum ada Komentar untuk "10 Prospek Kerja Jurusan Teknologi Pendidikan Yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel